Joomla!, Cara Cerdas Onlinekan Bisnis


Yang banyak kita tahu dan lihat, dunia bisnis itu identik dengan orang-orang elit dan kaya raya. Kenapa tidak, pembisnis biasanya memang meyakinkan dalam segala hal. Dari segi pakaian tidak ada yang kusam dan apek; pasti necis. Dari segi aksesoris tidak ada yang tidak bagus, minimalnya punya mobil—kalau perempuan banyak emasnya. Biasanya orangnya serba sibuk, ke sana ke mari karena ia memang dituntut untuk seperti itu demi link atau jaringan bisnis yang dikenalnya. Jadi tidak heran kalau para pembisnis itu sulit untuk ditemui di rumahnya.

Namun, di era globalisasi dan teknologi sekarang ini untuk berbisnis sudah tidak harus keluar rumah. Berbisnis di dalam rumah pun juga bisa dan lebih luas dalam penggunaan waktu, yaitu dengan cara bisnis lewat internet. Bisnis lewat internet (online), di Indonesia mungkin masih terlihat sedikit dan jarang ditemukan—masih tertinggal dengan negara-negara tetangga, seperti Filipina dan bahkan Vietnam.

Kalau di Amerika—juga Filipina—sudah tidak asing lagi jika ibu-ibu rumah tangga berbisnis dari rumahnya. Mulai dari berjualan sprei, bantal, pernak-pernik rumah tangga dan sejenisnya. Bekerja di rumah sudah bukan hal yang aneh. Dan berbisnis dari rumah pula sudah merupakan hal yang sudah lumrah.

Dengan demikian, maka jangan heran jika mereka kaya raya tanpa bekerja (lebih tepatnya tidak terlihat bekerja). Mereka bisa kaya raya karena mereka bisa memanfaatkan internet untuk berbisnis, dengan dan karena mempunyai toko online (web store). Jadi mereka tidak perlu mondar-mandir setiap hari keluar rumah hanya untuk mencari uang. Dengan cukup mengoperasikan (fungsi) internet mereka bisa berjualan (berbisnis) 24 jam penuh, tanpa libur. Selain itu, berbisnis lewat internet tidak mengenal geografi—kita bisa berhubungan dengan orang-orang di seluruh belahan dunia, seolah-olah tetangga sebelah kita. Enak kan? Pasti!

Jika dulu, untuk membuat web store, kita terkendala karena harus mempunyai modal besar karena untuk membuat sebuah web site dan kemudian untuk mengoperasikannya butuh uang hingga ratusan juta, namun sekarang sudah berbeda. Sekarang sudah tersedia berbagai software gratis dan tidak perlu administrator server karena sudah ditangani oleh perusahaan hosting yang bisa kita tumpangi. Bagaimana caranya?
Buku “Joomla! la.. la.. Cara Mudah Onlinekan Bisnis Anda” akan menuntun kita bagaimana agar kita bisa kaya raya tanpa (harus) bekerja. Penulis buku ini, Tabah Arwiyanto, menyatakan dan menawarkan bahwa salah satu cara untuk mengonlinekan bisnis adalah dengan cara menggunakan Joomla!. Sebuah software pembuat web secara instan dan gratis. Tabah Arwiyanto dalam buku ini menuntun kita bagaimana cara membuat web store, perangkat apa saja yang kita butuhkan, dan sejenisnya, yang nantinya kita bisa mempraktikkannya langsung. Selain itu juga, dengan membaca buku ini kita akan mengetahui dan memahami beberapa point penting di dalamnya—secara bertahap seperti, instalasi server, cara kerja Joomla!, dan VitueMart.

Untuk membuat web store, langkah pertama yang harus kita tempuh adalah proses instalasi server. Karena sebelum kita benar-benar online, kita akan belajar terlebih dahulu bagaimana cara kita menggunakan komputer. Terlebih dahulu komputer kita harus disulap menjadi komputer server. Hal ini merupakan syarat mutlak agar nantinya kita bisa menginstal Joomla!.—meskipun sebetulnya untuk menginstal Joomla! juga bisa ditempuh lewat web server (hal. 22-25).

Langkah kedua adalah instalasi Joomla! yang nantinya dipadukan dengan web atau blog yang kita punya untuk dibuat lahan web store. Caranya pun mudah. Yaitu setelah kita menyulap komputer kita menjadi komputer server, maka selanjutnya kita hanya membutuhkan instalasi yang bernama AppServer. Sebuah paket yang di dalamnya terdapat berbagai macam software, seperti Apache Web Server, PHP Scrip Language, MySQL Database dan PHPMy Admin Database Manager, yang kesemuanya ada dalam server web hosting yang digunakan meletakkan program web. Kesemuanya ini bisa dilakukan secara bertahap dan buku ini menyajikannya secara runtun (hal. 8-21).

Langkah ketiga adalah membangun web store di Joomla! tersebut, yang mana untuk memfungsikan dan membangun web store juga dibutuhkan satu komponen yang dinamakan VirtueMart. Sebuah aplikasi berbasis web untuk mendukung pengembangan web story. Dengan VitueMart kita bisa mengembangkan web store kita, karena semua yang kita perlukan sudah disediakan oleh VitueMart tersebut.

Setelah tiga langkah di atas kita lalui, maka sampailah kita pada pengonline-an bisnis kita. Kita tinggal menyiapkan data-data yang ada. Seperti data barang, data penunjang, data vendor dan sebagainya. Pada tahap ini kita harus membuat kategori barang, memilih foto dan contoh mana yang baik untuk dipajang, dan sejenisnya.

Akhir kata, perlu diketahui bahwa buku ini tidak menuntun kita akan hal dan bagaimana strategi pemasaran di internet, melainkan buku ini menitik fokuskan pada bagaimana teknis kita dalam membangun web store. Untuk itu, buku ini sangat cocok untuk dibaca siapa saja yang ingin atau sudah memulai bisnisnya di internet—termasuk mereka yang ingin mencari penghasilan dengan menjual jasa pembuatan web store. Bahasa dan sisematika buku ini mudah ditangkap dan dipahami. Pembahasannya pun fokus, sehingga tidak merambah ke mana-mana. Kita dipandu setahap demi setahap untuk bisa melangkah dan mengonlinekan bisnis kita dengan begitu detail. Istimewanya lagi, buku ini juga dilengkapi dengan screenshot, sehingga tidak sulit bagi kita untuk mengikutinya.

Data Buku
Judul : Joomla! la.. la.. Cara Mudah Onlinekan Bisnis Anda
Penulis : Tabah Arwiyanto
Penerbit : Leutika, Yogyakarta
Cetakan : I, 2009
Tebal : vi + 178 halaman
ISBN : 978-979-19799-6-2
Harga : Rp. 38.000,00
Peresensi : Abd. Basid, blogger dan book reviewer, tinggal di Surabaya

0 Response to "Joomla!, Cara Cerdas Onlinekan Bisnis"

Posting Komentar

Tinggalkan komenrar Anda di sini!