Memilih Tanpa Penyesalan*


Suatu keputusan merupakan suatu proses pemilihan alternatif terbaik dari beberapa alternatif secara sistematis untuk ditindaklanjuti (digunakan) sebagai suatu cara pemecahan masalah.

Banyak para pakar berpendapat mengenai pengambilan sebuah keputusan. Menurut George R. Terry pengambilan keputusan adalah pemilihan alternatif perilaku (kelakuan) tertentu dari dua atau lebih alternatif yang ada. Kemudian, menurut Sondang P. Siagian pengambilan keputusan adalah suatu pendekatan yang sistematis terhadap hakikat alternatif yang dihadapi dan mengambil tindakan yang menurut perhitungan merupakan tindakan yang paling cepat. Selanjutnya, menurut James A. F. Stoner pengambilan keputusan adalah proses yang digunakan untuk memilih suatu tindakan sebagai cara pemecahan masalah.

Pengambilan keputusan adalah kelanjutan dari cara pemecahan masalah yang memiliki fungsi sebagai pangkal atau permulaan dari semua aktivitas manusia yang sadar dan terarah secara individual dan secara kelompok baik secara institusional maupun secara organisasional. Di samping itu, fungsi pengambilan keputusan merupakan sesuatu yang bersifat futuristik, artinya bersangkut paut dengan hari depan, masa yang akan datang, di mana efek atau pengaruhnya berlangsung cukup lama.

Untuk itu, ke mana pun kita melangkah, maka di sanalah ada pilihan yang yang harus dijalani. Dalam memilih tidak jarang kita dihadapkan pada pilihan yang harus dipertimbangkan dengan matang terlebih dahulu. Kesulitan memilih pun sering terjadi. Ketika demikian, kadang rasa takut menghampiri kita, sehingga nantinya berefek pada lambannya sebuah keputusan.

Bagaimana menghadapi hal seperti itu? Dani Wardani, lewat bukunya “7 Langkah Membuat Keputusan Terbaik” berbagi resep bagaimana agar kita bisa cekatan dan tidak salah dalam memutuskan dan menentukan sebuah pilihan.

Dengan tanpa harus tertele-tele Dani Wardani menyajikan 7 langkah agar hidup kita bisa lebih bermakna dan terarah, karena keputusan yang kita hasilkan. 7 langkah itu adalah; pertama, kita harus mengidentifikasi dasar penggerak kita dalam memilih. Langkah ini menuntun agar kita bisa mengidentifikasi akar masalah yang melatar belakangi diri kita dalam memilih sesuatu. Hal ini penting karena setelah kita sadar dan mengetahui alasan kenapa kita memilih, nantinya kita akan bisa memahami posisi dalam bertindak.

Langkah kedua adalah menentukan alat penimbang. Alat penimbang yang dimaksud adalah akal, emosi dan kata hati. Perpaduan 3 timbangan ini yang nantinya bisa menyetel arah keputusan pasti, karena hasilnya tidak cenderung karena nafsu.

Setelah itu, langkah ketiga adalah bagaimana kita menggunakan bahan pertimbangan setelah menggunakan timbangan di atas. Bahan pertimbangan tersebut adalah (a) firasat dan naluri, (b) keyakinan dan rasa percaya, (c) ilmu pengetahuan dan (d) norma, nilai, dan aturan.

Langkah keempat adalah menentukan beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dipertimbangkan dalan memilih. Beberapa hal itu adalah bagaimana agar kita dalam memilih pilihan yang sesuai dengan kemampuan, minat, keinginan, dan harapan.

Langkah kelima menentukan kerangka perencanaan. Kerangka perencanaan ini bertujuan untuk mengenal, menggali, dan menyalurkan minat dan keinginan yang berlandaskan nilai-nilai yang dianut.

Langkah keenam menghindari beberapa hal yang sekiranya dapat menjebak kita dalam menentukan keputusan, seperti keputusan yang hanya berorientasi jangka pendek, keuntungan sesaat, dan mengikuti prasangka daripada fakta.

Langkah terakhir adalah menentukan strategi ketika ada kesalahan dalam memilih. Karena kadang kita merasa bersalah besar akan keputusan salah yang kita tentukan. Hal ini yang cenderung membuat seseorang malas untuk melangkah lagi. Namun, hal itu bisa hilang jika kita pintar mengatur strategi. Strategi itu adalah menyadari dan selalu bersikap positif, menanamkan sifat sabar yang aktif, recovery (perbaikan), dan mengambil hikmah di balik semuanya.

Akhir kata, buku ini dapat membantu kita dalam menemukan makna hidup dengan keberanian untuk mengambil keputusan dan beertanggung jawab atas semuanya, sehingga nantinya tidak ada penyesalan setelah memilih.

*telah dimuat di Radar Surabaya (12/12/2010)

Data Buku
Judul : 7 Langkah Membuat Keputusan Terbaik
Penulis : Dani Wardani
Penerbit : Leutika, Yogyakarta
Cetakan : I, Mei 2010
Tebal : xiv + 149 halaman
ISBN : 978-602-8597-38-8
Harga : Rp. 30.000,00

0 Response to "Memilih Tanpa Penyesalan*"

Posting Komentar

Tinggalkan komenrar Anda di sini!