Belajar Jadi Orang Tua Baik dari Ayah Edy

Jika seseorang ingin menjadi dokter maka ada universitasnya dan jika ingin menjadi profesor maka ada sekolah tingginya. Tapi jika ingin menjadi orangtua yang baik tidak ada universitas dan tidak ada juga sekolah tingginya. Meskipun demikian, bukan berarti untuk menjadi orangtua yang baik tidak bisa dipelajari.

Buku Ayah Edy Menjawab, 100 Permasalahan Sehari-hari Orangtua yang Tidak Ada Jawabannya di Kamus Mana Pun ini bisa menjadi bahan bacaan sebagai wadah pembelajaran bagi setiap orangtua atau calon orangtua yang (pastinya) menginginkan anak-anaknya terlatih dan matang dengan didikan yang wajar dan benar.

Dalam buku setebal 284 halaman ini, Ayah Edy, penulis buku ini, mengajak segenap orangtua untuk tidak salah mendidik anak-anaknya, agar terbentuk pribadi anak yang tangguh, karena bagaimana pun juga kepribadian anak akan terbentuk dari bagaimana cara orangtua mendidiknya. Anak yang kemudian menjadi tempramen tidak luput dari didikan orangtua yang sering mengabaikan—dan bahkan mungkin meremehkannya. Sebaliknya anak yang kemudian menjadi penyabar juga tidak luput dari didikan orangtua yang selalu mengajarkannya akan bentuk toleransi.

Mengasuh anak memang tidak akan lepas dari permasalahan-permasalahan rumit yang kadang membuat orangtua pusing dan bahkan stres menghadapinya, namun semua itu bisa diatasi dengan didikan yang konstruktif.

Dalam buku ini ada beragam permasalahan anak yang seringkali dihadapi para orangtua dalam kehidupan sehari-hari. Contoh permasalahan anak yang lumrah terjadi misalnya menjadikan tangisan sebagai senjata untuk mendapatkan keinginannya. Sekilas masalah ini sepele, tapi tidak jarang tangisan anak membuat orangtua emosi dan kadang terpancing dan marah—syukur-syukur jika tidak sampai membentak dan memukulinya.

Menurut Ayah Edy permasalahan di atas bisa diatasi dengan memberi pengertian yang lembut. Jika orangtua tidak bisa memenuhi permintaan anaknya, maka orangtua harus mengatakannya baik-baik bahwa untuk saat ini belum bisa memenuhi keinginannya. Kalau memang keinginannya masuk akal tapi belum bisa mengabulkannya, maka jelaskan kapan ia bisa memenuhinya. Selanjutnya, jika si anak tetap berontak dan menangis, orangtua jangan sampai terpancing akan ulahnya. Biarkan dia menangis dan sambil memotivasinya bahwa dia anak baik. Selain itu, orangtua harus terus konsisten, jangan lekas luluh akan tangisannya, kemudian menuruti kehendaknya. Persilahkan anak menangis dan nanti setelah selasai sambutlah dengan sikap positif, misalnya memberi pelukan dan mengatakannya bahwa dia anak hebat dan baik.

Akan langkah ini mungkin banyak orang berpikir alangkah kejamnya hati orangtua jika membiarkan anaknya menangis dan mengamuk karena tidak dituruti keinginannya. Padahal inilah yang dimaksud ketegasan dan konsistensi. Bukan berarti tidak sayang dan tidak peduli. Dengan sikap tegas dan konsisten, lambat laun anak akan menyadari bahwa senjata tangis dan amarahnya tidak mempan lagi digunakan dan akhirnya bisa diajak kompromi. Sekali orangtua berhasil melakukannya, anak akan belajar dari konsistensi ucapan orangtua dan berhenti untuk memaksakan kehendaknya. Dan begitu juga sebaliknya.

Selain itu, sebisa mungkin orangtua harus menghindari ucapan-ucapan yang melemahkannya, seperti Dasar anak cengeng, selalu menyusahkan, senang bikin repot, dan bahkan mungkin ancaman. Jika anak mengulangi perbuatan yang pernah dilarangnya, jangan sampai menyalahkan anak, karena bagaimana pun juga anak kecil harus banyak belajar dan diberi pengertian. Intinya, sambil mengarahkan pendidikan anak, orangtua harus sabar menghadapi permasalahan-permasalahan anak yang cenderung komplek.

Masih banyak lagi permasalahan anak yang kemudian dijawab Ayah Edy dalam buku ini. Semuanya ada 100 permasalahan anak, mulai dari pengelolaan karakter, keuangan, sekolah, permainan, hingga pendidikan seks anak, yang kemudian dijawab oleh Ayah Edy dengan bahasa yang renyah dan mudah dimengerti. Sehingga, membacanya membuat diri ini terpana dan meng-iya-kan apa yang dijabarkan Ayah Edy dalam menjawab berbagai permasalahan anak tersebut.

Tidak cuma layak dibaca para orangtua didik, buku ini juga layak dibaca mereka para guru yang dalam kesehariannya tidak lepas dari dunia anak dan bahkan sering dihujani pertanyaan-pertanyaan orangtua tentang masalah anaknya. Bengitu banyak ilmu (baru) dalam buku ini yang bisa diterapkan dalam pola asuh anak, baik di rumah maupun sekolah. Sehingga sangat wajar jika kemudian buku ini menjadi best seller yang hingga kini sudah cetak sembilan kali dari pertama terbitnya April 2012 lalu. Selamat membaca dan menikmati!

Data Buku
Judul : Ayah Edy Menjawab
Penulis : Ayah Edy
Penerbit : Noura Books, Jakarta
Cetakan : IX, September 2013
Tebal : 284 halaman
ISBN : 978-602-9498-42-4
Harga : Rp. 49.000,00

Dimuat di WASATHON.COM

0 Response to "Belajar Jadi Orang Tua Baik dari Ayah Edy"

Posting Komentar

Tinggalkan komenrar Anda di sini!