Semangat SEA Games 2011*

Secara resmi, SEA Games XXVI dimulai 11-11-2011 lalu. Pembukaan yang diselenggarakan di Stadion Jakabaring Sport City Center Palembang, Sumatra Selatan itu berlangsung meriah.

Lagu resmi SEA Games 2011; “Kita Bisa” karya komposer Addie MS dilantunkan. Dari 11 negara (Indonesia, Thailand, Myanmar, Singapura, Vietnam, Malaysia, Filipina, Laos, Kamboja, Timor Leste, dan Brunei), masing-masing melakukan parade yang diwarnai mobil karnaval dengan menonjolkan simbol-simbol negaranya masing-masing.

Putra terbaik dari 11 negara se Asia Tenggara tersebut akan berjuang dari berbagai cabang olahraga yang ada, yang digelar di dua kota, Jakarta dan Palembang. Ada sekitar 44 cabang olahraga yang dipertandingkan. Sekitar 21 cabang pertandingan akan dipertandingkan di Palembang, dan 23 cabang pertandingan akan dilakukan di Jakarta. Indonesia yang sudah enam kali tidak menyabet juara umum—sejak SEA Games ke-20 tahun 1999 di Bandar Sri Begawan, Brunei Darrussalam, hingga SEA Games ke-25 tahun 2009 di Vientine, Laos—diharapkan bisa meraihnya kembali di tahun ini.

Indonesia sebagai tuan rumah SEA Games kali ini pastinya berharap untuk bisa meraih tri sukses; sukses prestasi, sukses penyelenggaraan, dan sukses pemberdayaan. Akan hal ini, tanggal pelaksanaannya pun dipilih tanggal yang serba angka 11 (11-11-2011), yang diharapkan menjadi angka keramat, seperti halnya Olimpiade Beijing 3 tahun lalu pada 8-8-2008 dan dibuka pada pukul 8 malam (8-8-8-8), di mana Negara Tirai Bambu itu menjadi juara umum pertama kalinya di pesta olahraga sejagat itu.

Terlepas dari harapan angka keramat itu, bisakah Indonesia meraih tri sukses di atas? Lebih dari itu, bisakah Indonesia berada di urutan teratas, setelah di SEA Games sebelumnya ada di urutan ketga setelah Vietnam dan Thailand?

Menjawab pertanyaan ini tentunya tidak mudah. Namun, sebagai peserta dan masyarakat yang cinta tanah air, pastinya akan berkeyakinan bisa, meski tak satupun orang bisa memberi jaminan. Di samping itu, optimisme tersebut tentunya harus diimbangi dengan usaha yang sungguh-sungguh, tahapan pembinaan yang benar, program latihan terencana, konsisten, dan berkesinambungan.

Lebih dari itu, yang juga penting selama pelaksanaan SEA Games ini adalah mental masing-masing peserta kita. Mental yang kokoh juga akan mempengaruhi pada tampil maksimal dan tidaknya setiap peserta kita. Untuk itu, pertarungan ketangguhan mental luar biasa yang tidak mengenal kata menyerah yang diharapkan dari para peserta kita yang berlaga. Karena, sikap bahasa tubuh di lapangan yang serius, bersemangat meledak-ledak penuh emosi, berteriak gembira meraih poin atau lunglai saat kehilangan poin atau ketinggalan lawan, sikap tidak mudah menyerah atau mudah menyerah, adalah cermin kepribadian seorang atlet.

Cermin kepribadian seorang atlet di lapangan adalah juga cermin kepribadian suatu bangsa asalnya. Dengan demikian, ekspresi kepribadian yang berkualitas dari segenap atlet kita yang berlaga perlu ditata terus. Sebab, jika tidak, bisa jadi mental lemah akan didapatnya. Robert Kennedy menilai bahwa olahraga adalah salah satu potret suatu bangsa.

Robert Kennedy pernah menyatakan akan hal ini di depan United Stated (1996); “Olahraga dapat dipandang sebagai suatu ukuran yang menunjukkan sejauh mana keharuman nama suatu bangsa di mata dunia internasional”.

Dengan demikian, wahai putra-putri terbaik Indonesia, perlu dicatat, ingatlah bahwa jerih payah perjuanganmu adalah demi negerimu, dan itu jauh lebih berharga dari sekadar bonus yang akan kamu dapatkan. Singkatnya; merebut medali emas adalah satu hal. Tetapi, perjuangan dengan kesungguhan, penuh darah dan air mata untuk mencapainya adalah hal lain.

Betapa mulianya para peserta atau atlet yang tampak begitu bersukacita kala mereka mengakhiri sebuah pertandingan yang meski hanya meraih perak atau perunggu. Di mana semua itu ia rasakan bahwa ia memperolehnya dengan sangat berat dan dijalankan dengan penuh kesungguhan. Sesungguhnya dari sanalah yang dapat kita amati seberapa jauh perjuangan peserta kita dalam setiap arena akbar dan bergengsi seperti SEA Games ini.

*dimuat di Radar Surabaya (15/11/2011)

0 Response to "Semangat SEA Games 2011*"

Posting Komentar

Tinggalkan komenrar Anda di sini!